Beberapa cara mengatasi kulit kering secara alami


Siapa yang tak mengeluh dengan yang satu ini, keluar menjadi tidak pede, males dan ingin murung dirumah terus padahal kosmetik sudah kerap kali dicoba namun masih belum berhasih. Nah sekarang hilanglah rasa gengsi tidak pede, semuanya hilang dan menyingkir seketika, ini beberapa langkah dan tutorial yang mungkin bisa membantu masalah anda mengatasi kuring kering.

Salah satu kebiasaan hidup yang harus diubah adalah frekuensi dan durasi mandi. Mandi terlalu sering memang dapat membuat kulit bersih. Namun, ini dapat menyebabkan minyak alami di kulit hilang sehingga jadi kering.
Pastikan kamu mandi setiap hari, tapi lakukan secukupnya, jadi jangan terlalu sering. Selain itu, pastikan pula mandi tidak melebihi waktu 10 menit dan tidak kurang dari 5 menit. Kebiasaan ini akan membantumu mengatasi kulit kering.

1. Membuat masker dari minyak kelapa dan pisang.
Buah pisang bisa menjadi ramuan instan untuk mengatasi kulit kering, dikarenakan sifat pelembapnya. Agar hasilnya semakin baik, kita bisa tambahkan minyak kelapa yang kaya akan lemak, sehingga bisa membuat kulit semakin lentur dan halus.

Caranya : ambil buah pisang secukupnya kemudian lembutkan sampai merata. Lalu campurkan minyak kelapa secukupnya aduk sampai merata kemudian oleskan pada kulit yang kering. Kira kira 1 jam atau kurang yang penting sampai mengering lalu di basuh dengan air bersih dan keringkan.

2.Minyak jojoba
Minyak jojoba dipercaya cocok dijadikan sebagai obat pelembap alami berbagai jenis kulit, termasuk untuk kulit kering. Selain itu, jojoba juga memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat menenangkan kulit yang bermasalah.

Caranya : pertama Anda bisa memijat kulit wajah menggunakan handuk yang sebelumnya sudah direndam air hangat. Selanjutnya ganti dengan memijat kulit wajah menggunakan minyak jojoba. Lakukan dengan gerakan melingkar dan lembut selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan minyak menggunakan handuk.

3. Gunakan sabun pelembap
Penyebab kulit kering memang sangat bervariasi. Salah satu yang paling sering menyebabkan seseorang mengalami gangguan ini adalah sabun yang kurang cocok. Terutama jika sabun badan kamu gunakan untuk muka.

Oleh sebab itu, mulai sekarang pastikan menggunakan sabun yang mengandung pelembap untuk menjaga kesegaran kulit. Apalagi khusus untuk sabun wajah, sebaiknya pilih yang mengandung tinggi pelembap.

4. Pakai pelembap setelah mandi.
Menggunakan sabun berpelembap saja terkadang tidak cukup. Bila perlu, gunakan pelembap setelah mandi. Penggunaan pelembap kulit setelah mandi ini akan membantumu mengatasi kulit kering sepanjang hari, apalagi ketika cuaca berubah-ubah seperti sekarang ini.
Ada banyak sekali produk pelembap kulit yang dijual di pasaran. Masing-masing merk tentu memiliki keunggulan tersendiri. Apapun pilihanmu, pastikan pelembap tersebut mengandung banyak nutrisi untuk kulit.

5. Hindari panas berlebihan
Meskipun kamu menggunakan lotion pelembap yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari (sun block), sebaiknya hindari kulit terpapar panas berlebih dalam waktu yang lama secara langsung.
Paparan sinar ultraviolet sangat buruk bagi kulit. Tak hanya menyebabkan kulit kering dan bersisik saja, tapi juga dapat menimbulkan kanker kulit. Oleh karenanya, setiap keluar rumah gunakan pelindung seperti topi dan jaket.

6. Cukupi kebutuhan cairan tubuh
Pada dasarnya tubuh kita terdiri 70 % lebih dari cairan. Apabila cairan dalam tubuh berada di bawah nomal atau kurang, maka akan mengakibatkan kulit menjadi kering, bersisik, pecah-pecah, dan bahkan lebih parah lagi. 

Untuk mengatasinya kamu bisa memperbanyak konsumsi air putih. Idealnya para ahli merekomendasikan agar kita mengonsumsi minimal 2 -3 liter air putih sehari. Bagi kamu yang belum terbiasa minum banyak air putih, silahkan bagi menjadi beberapa sesi.

7. Lakukan olahraga secara rutin
Apakah kamu jarang melakukan olahraga? Hampir 50 % penderita kulit kering jarang melakukan olahraga. Keluarnya keringat saat berolahraga sebetulnya cukup baik untuk melembapkan kulit secara alami, tapi jarang yang tau.
 
Kamu tak perlu melakukan olahraga yang berat-berat. Hanya dengan jogging, sepeda santai, yoga, dan jalan sehat setiap pagi hari minimal 30 menit saja akan membuat kulit serta tubuh tetap sehat. Kamu bisa buktikan sendiri.

8. Buah mangga
Satu lagi, Anda juga bisa menggunakan buah mangga sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami dengan mudah. Mangga kaya akan vitamin A, sehingga dapat membantu menghidrasi dan melembapkan kulit. Vitamin A dan nutrisi lainnya pada mangga juga bisa membantu mengatasi kulit yang mengelupas, sekaligus meremajakan kembali kulit yang kusam.

Caranya : Siapkan satu buah mangga yang matang, 1 sdm madu, dan minyak zaitun saitun secukupnya. Lanjutkan dengan mengambil bagian daging dari buah mangga, lalu mixer hingga lembut. Campurkan 1 sdm bubur mangga tersebut dengan madu dan minyak zaitun. Setelah itu, oleskan pada wajah sebagai masker. Diamkan salama 1 jam, baru setelah itu bilas hingga bersih.

8. Berhenti merokok dan hindari asap rokok
Merokok tidak hanya berbahaya untuk paru-paru saja. Sebuah studi penelitian di Harvard University membuktikan asap rokok dapat mencuri kelembapan di kulit, sehingga membuatnya terlihat kering, kusam, dan pecah-pecah.

Itulah beberapa cara mengatasi kulit kering secara alami jika semoga dapat bermanfaat dan berhasil dalam menerapkan cara diatas sehingga rasa malu, gengsi dan minder semuanya hilang seketika.
Share on Google Plus

About Unknown

0 comments:

Post a Comment